Minggu, 06 Desember 2009

Kembangkan Singkong Gajah di Balikpapan Timur

Kembangkan Singkong Gajah di Balikpapan Timur


BALIKPAPAN-Kawasan Balikpapan Timur juga dilirik untuk budidaya singkong gajah dalam skala luas. Pasalnya luasan lahan pertanian termasuk lahan yang masih tidur di wilayah ini masih sangat memadai, hingga tepat untuk digalakkan budidaya komoditi satu ini. Apalagi singkong gajah seperti halnya singkong umumnya, merupakan tanaman yang mudah tumbuh dimana saja, perawatannya tak repot dan dalam jangka sekira delapan bulan sudah bisa dipanen.

Tak harus pada lahan subur, di lahan-lahan tidur di kawasan Balikpapan Timur, dapat dimanfaatkan dengan menanam singkong gajah. Salah satu yang melirik untuk digalakkannya singkong gajah yaitu kelompok Karang Taruna di kota ini. Dimotori Ir Iskandar, Supardi, Widodo, Suratmin dan Slamet, optimis dengan penanaman singkong gajah dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Karena mudahnya pemeliharaan hingga cost yang dikeluarkan tak terlalu besar, dan semua bagian singkong gajah dapat dimanfaatkan. “Optimis, bisa berhasil. Singkongnya bisa dikonsumsi, terlebih ukurannya lebih besar. Apalagi hasil varian lainnya, misal diambil tepungnya, gaplek hingga destilasi untuk dihasilkan bio-ethanol,” ujar Iskandar.

Tak hanya pada kawasan Timur yang tepat digalakkan budidaya singkong gajah, kawasan Utara pun juga mempunyai lahan yang masih luas. Intinya mereka ingin memotivasi petani-petani di kota ini agar bangkit dan mampu mendapatkan penghasilan yang baik. Mereka juga siap untuk mencari akses untuk permodalan melalui koperasi.(wid)

Sumber : http://www.metrobalikpapan.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=13010
Senin, 20 April 2009 , 11:09:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar