Kamis, 26 April 2012

Beragam Kue dari Tepung Mocaf

Beragam Kue dari Tepung Mocaf

Ada yang unik di pelataran parkir depan Kantor Gubsu, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, kemarin (6/5). Ada 10 stand yang disediakan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sumatera Utara sebagai tempat demo masak.
Kali ini yang jadi bahan masakannya yakni tepung mocaf yang berasal dari ubi  kayu. Tepung mocaf ini diolah menjadi kue, roti dan sebagainya sebagai bahan subtitusi pengganti beras.

Demo masak itu diikuti oleh sejumlah restoran-restoran ternama di Medan. Salah satunya adalah FB (Food and Beverage) Restaurant. Restoran yang menjadi ikon Hotel Semarak Medan tersebut, menyajikan pembuatan bolu serta roti dengan menggunakan bahan baku mocaf. Kepala FB Restaurant

Aris mengatakan, mocaf bisa dijadikan bahan makanan pengganti beras. “Saat ini masyarakat masih mengedepankan beras sebagai bahan makanan pokok. Namun, sebenarnya Mocaf juga layak dijadikan sebagai bahan makanan pokok,” ujarnya.

Kenapa bisa dijadikan bahan makanan pokok? Aris menjelaskan, misalnya seseorang yang sedang lapar, tapi sedang tidak ingin makan nasi. Orang yang lapar tersebut bisa merujuk ke tepung mocaf. “Pastinya setelah diolah menjadi bentuk makanan seperti, roti atau kue. Lagian, kenyangnya pun sama dengan makan nasi,” lanjut Aris.

Sementara itu, Sakirin Chef FB Restaurant menjelaskan, seperti tepung-tepung lainnya, ketika diolah menjadi satu jenis makanan terkadang bisa bantat (tidak mengembang, red). “Dalam pengolahannya tepung mocaf dicampur dengan tepung terigunya sehingga tidak menimbulkan bantat, namun perbandingannya jelas lebih banyak tepung mocaf,” jelas Sakirin.

Sebelum melihat demo masak, terlebih dahulu digelar sosialisasi percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal di Aula Martabe lantai III Kantor Gubsu. Acara yang diikuti 300 peserta itu dibuka Sekdaprovsu DR RE Nainggolan serta dihadiri Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Prof Dr Achmad Suryana, MS dari Jakarta, serta undangan lainnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara Setyo Purwadi mengatakan, saat ini memang tepung mocaf diproduksi dari Trenggalek Jawa Timur, namun ke depan tepung mocaf sendiri akan diproduksi dari Sumatera Utara. “Kita tahu di Sumut yang namanya ubi kayu mudah tumbuh. Inilah yang nantinya kita oleh menjadi tepung mocaf sebagai bahan pangan,” ungkap Setyo Purwadi.

Dia juga mencontohkan kue yang dibagikan kepada peserta sosialisasi percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal ini juga terbuat dari tepung mocaf. “Jadi sudah kami buktikan terlebih dahulu, mau jelasnya nanti kita lihat saat demo masak,” ungkap Sertyo Purwadi.
Sementara itu, saat demo berlangsung Sekdaprovsu DR RE Nainggolan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian Prof Dr Achmad Suryana, MS dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut Setyo Purwadi ikut ikut mencicipi makanan saat demo masak. Mereka menikmati makanan yang terbuat dari tepung mocaf tersebut.(mag-13/dra)


Sumber : http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=44446

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus